Hal-hal dapat diminta melalui Call Center Online AirAsia

Sejak Agustus 2020, Air Asia telah mengalihkan call center AirAsia  menjadi lebih mudah melalui layanan live chat online. Sekarang jika Anda ingin menghubungi maskapai, Anda tidak dapat lagi menggunakan nomor call center yang dulu aktif tetapi melalui live chat.

Layanan live chat yang disediakan oleh Air Asia ini diberi nama AVA dengan ekstensi AirAsia Virtual Allstar. Dimana AVA ini merupakan sistem live chat yang digerakkan oleh artificial intelligence (AI) untuk dapat melayani pelanggan secara tepat dan praktis, serta dapat diakses kapan saja.

AVA ini secara harfiah adalah asisten virtual maskapai Air Asia yang memang bertugas melayani semua pertanyaan, bahkan keluhan dari pelanggan secara otomatis dan online. Layanan ini sendiri dapat diakses baik melalui alamat website resmi Air Asia, melalui Facebook Messenger, maupun aplikasi WhatsApp.

Dalam layanan ini Anda tidak akan berhubungan langsung dengan petugas seperti menggunakan  call center AirAsia melainkan terhubung ke komputer atau disebut chatbot. Konten obrolan secara otomatis dikirimkan kepada Anda. Berikut adalah beberapa hal yang  bisa Anda dapatkan melalui layanan live chat ini.

Batalkan Pemesanan Tiket dan Perubahan Penerbangan

Salah satu hal yang  dapat Anda lakukan menggunakan layanan obrolan langsung AVA adalah memesan tiket pesawat. Jika dulu Anda memesan secara langsung atau melalui telepon, hari ini Anda dapat memesannya hanya melalui layanan serba online ini yang nantinya akan dikirim melalui alamat email.

Pemesanan tiket sangat mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menekan ikon yang bertuliskan “buku penerbangan” untuk memesan tiket pesawat Anda. Kemudian, temukan tombol ini di menu utama situs resmi Air Asia. Setelah Anda menekan tombol pesanan, Anda akan ditanyai beberapa pertanyaan.

AVA sebagai bentuk asisten virtual dari maskapai akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait penerbangan  pesawat pesanan Anda. Dalam prosesnya, Anda perlu menjawab semua pertanyaan dari chatbot dan mengikuti langkah selanjutnya. Proses ini hampir mirip dengan proses pemesanan saat menggunakan  call center AirAsia manual.

Setelah selesai menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, AVA akan mengarahkan Anda ke halaman berikutnya yang berisi fasilitas tambahan. Ini termasuk penambahan bagasi, pemilihan kursi pesawat, dan memesan berbagai jenis makanan dan minuman. Setelah itu, isi nama Anda di bidang yang tersedia, lalu lakukan pembayaran.

Proses pemesanan tiket secara online tanpa melalui call center  manual AirAsia telah selesai. Dan sekarang, Anda hanya perlu menunggu tiket Anda dikirim ke alamat email Anda. Selama periode sebelum penerbangan, Anda juga dapat memeriksa status penerbangan pesawat dan membuat perubahan tentang pemesanan yang dilakukan.

Cek Promo Air Asia Menggunakan Layanan Ini

Tidak hanya untuk memesan tiket pesawat dan melakukan berbagai perubahan dengan lebih mudah, sistem layanan online AVA juga dapat digunakan untuk mendapatkan informasi terkait berbagai promo yang ditawarkan oleh Air Asia. Tentu saja Anda ingin mengetahuinya, bukan?

Di  sistem  call center AirAsia berupa live chat, Anda cukup mengetikkan kata “promo rate” atau “promo” di chat room dengan AVA. Kemudian, Anda akan menerima balasan dari chatbot Air Asia. Jawaban yang akan diterima bukanlah daftar promosi maskapai yang ditawarkan melainkan dalam bentuk tips.

Sebagai asisten virtual, AVA live chat akan memberikan bantuan dengan menawarkan tips cara mencari promo di situs resmi Air Asia. AVA akan mengarahkan Anda untuk mengklik bagian yang bertuliskan “Radar Promo” untuk mengetahui berbagai promo yang ditawarkan oleh Air Asia dan maskapai penerbangan lainnya.

Promo yang ditawarkan Oleh Air Asia ini salah satunya adalah untuk memberikan keuntungan bagi pelanggannya yang bergabung dengan Air Asia BIG dan membayar menggunakan Air Asia BIGPay. Ada beberapa potongan atau manfaat lain yang  bisa Anda nikmati.   Anda hanya perlu mencoba informasi dari AVA.

Pengembalian Dana

Dalam memproses perjalanan udara, tentunya terkadang Anda menemui berbagai kendala dan masalah dalam proses pemesanan. Misalnya, Anda dapat sewaktu-waktu membatalkan jadwal penerbangan pesawat yang telah dipesan karena alasan tertentu, atau perjalanan yang dijadwal ulang, bahkan proses pemesanan tiket penerbangan ganda secara tidak sengaja.

Anda mungkin juga mengalami kesalahan dalam proses pembayaran, misalnya, Anda melakukan pembayaran dua kali pada tiket yang sama. Tentunya hal ini akan sangat merugikan jika Anda tidak melakukan refund atau pengembalian dana yang  telah Anda berikan kepada maskapai Air Asia.

Namun, Anda tenang. Sebab, melalui  sistem  call center AirAsia yang telah diubah menjadi serba online dan otomatis Anda bisa mengurusnya dengan cepat dan mudah.   Anda hanya perlu memanfaatkan layanan live chat, yaitu AVA sebagai asisten virtual untuk Anda dan mengganti call center.

Caranya seperti biasa, Anda membuka ruang obrolan dengan AVA. Pada menu utama, Anda dapat memilih bagian “refund”, kemudian melanjutkan proses selanjutnya, yaitu “refund requests”. Setelah itu, Anda dapat memilih jenis pengembalian apa yang Anda butuhkan, misalnya karena pembayaran ganda.

Setelah proses tersebut, Anda harus memberikan kode PNR yang  dapat Anda temukan pada paket penerbangan. Kemudian, ikuti langkah selanjutnya, dan bersiaplah untuk permintaan lampiran dari beberapa dokumen penting. Meski tanpa   call center manual AirAsia, semua urusan Anda tetap bisa ditangani secara maksimal oleh Air Asia.

Buat Keluhan Anda  Melalui Live Chat

Setiap pelayanan yang diberikan, tentu ada pihak-pihak yang merasa belum maksimal. Oleh karena itu, setiap perusahaan tentunya selalu membuka kesempatan bagi nasabah untuk menyampaikan keluhannya sebagai bentuk kritik dan juga koreksi untuk perbaikan di masa depan. Oleh karena itu, Air Asia juga memberikan kesempatan untuk menyampaikan keluhan melalui layanan live chat ini.

Meski tanpa melalui  call center AirAsia, pelanggan tetap dapat menyampaikan berbagai keluhan dan masukan secara fleksibel kepada air Asia. Tahap untuk mengajukan keluhan tidak terlalu rumit. Seperti biasa, Anda dapat mengobrol langsung dengan AVA dan memberi tahu saya tentang keluhan Anda.

Pengajuan keluhan ini sangat berbeda. Anda akan diberikan alamat tautan khusus untuk mengakomodasi keluhan atau keluhan Anda. Sebelumnya, Anda harus mengetik “umpan balik” atau “umpan balik” di ruang obrolan dengan AVA, dan kemudian juga mengetik “keluhan”.

Kemudian, ikuti langkah selanjutnya, dan jika Anda telah menerima tautan umpan balik khusus, pelanggan dapat segera mengisinya dan menyampaikan apa yang dikeluhkan pelanggan. Setelah selesai, klik kirim dan tunggu maskapai mengirimkan  email balasan kepada Anda. Cukup mudah untuk tidak mengajukan keluhan secara online?

Sebagai maskapai terpercaya, Air Asia selalu berupaya untuk memberikan layanan unlimited terbaik kepada pelanggannya. Oleh karena itu, layanan live chat ini hadir untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan pihak maskapai. Meski tanpa   call center AirAsia lagi, Anda akan tetap merasakan kenyamanan maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.